Jangan Anggap Sepele Medical Check Up

Image result for medical check upMedical Check Up adalah serangkaian pemeriksaan untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang. Setidaknya ada empat manfaat jika kita rutin melakukan Medical Check Up yaitu :

1. Mengetahui Derajat Kesehatan 

Manusia memiliki kemampuan beradaptasi dengan cepat , baik itu terhadap lingkungan maupun terhadap kondisi tubuh kita. Saat kesehatan kita menurun secara perlahan, banyak dari kita tidak menyadarinya, sampai penyakit kronis telah mencapai tahap yang tidak lagi bisa diterima oleh tubuh. Mengetahui derajat kesehatan sangat berguna untuk mencegah proses penurunan kesehatan dan menjadi dasar upaya untuk memperbaiki kesehatan.

2. Menilai Resiko Terkena Penyakit

Pemeriksaan laboratorium dengan memeriksa suatu kandungan tertentu dapat digunakan untuk mengetahui resiko seseorang untuk mengalami penyakit tertentu terutama penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup seperti Diabetes ( Kencing Manis ), Penyakit Jantung Koroner, Stroke dan  Osteoporosis. Para ahli laboratorium telah mengembangkan banyak parameter mulai dari yang sederhana hingga yang lebih khusus untuk menilai resiko seseorang terkena penyakit, sehingga bisa dilakukan tindakan untuk menghindari atau memperkecil resiko tersebut. Misalnya, Kolesterol darah yang meningkat merupakan resiko terkena penyakit jantung koroner. Mengetahui kadar gula darah secara teratur membuat seseorang berusaha untuk tidak terkena Diabetes. Selain itu ada pemeriksaan khusus yang mengindikasikan adanya resiko yang tidak bisa kita hindari namun perlu diwaspadai , misalnya pemeriksaan Lp(a) untuk mengetahui resiko seseorang terkena jantung koroner dari faktor keturunan. Jika kadar Lp(a) seseorang tinggi, maka yang bisa dilakukan adalah mengurangi resiko dari faktor lain, seperti pola makan, stress dan tekanan darah tinggi.
Osteoporosis juga merupakan salah satu penyakit yang sebisa mungkin dihindari , dengan cara mendeteksi sejauh mana resiko seseorang terkena osteoporosis. Pemeriksaan lab yang digunakan untuk mengetahui resiko osteoporosis biasanya adalah tes NMid osteocalcin, Ctx , Kalsium darah dan kadar Vitamin D.

3. Mendeteksi Dini Penyakit

Beberapa serangan penyakit tidak menimbulkan gejala yang membuat seseorang menyadari bahwa dirinya sedang mengidap penyakit tersebut. Seperti Hepatitis B, mengapa penularan hepatitis B bisa sedemikian mudah dikarenakan baik pengidap maupun orang disekitarnya tidak menyadari bahwa dia sudah terinfeksi vius Hepatitis B. Bahkan ada banyak orang yang disebut " Carrier" karena bahkan dia tidak menderita karena infeksi Hepatitis tersebut, tetapi dia bisa menularkan ke orang lain. Pengidap Hepatitis B yang tidak menyadari adanya penyakit dalam tubuhnya , akan sangat beresiko untuk mengalami kanker hati. Namun dengan adanya pemeriksaan Fungsi hati secara rutin dan mengetahui status hepatitis B, proses perjalanan penyakit itu bisa dicegah. 
Hal yang sama bisa disebabkan oleh virus Hepatitis lain , kuman TBC, penyakit jamur, infeksi penyakit kelamin dan HIV. 

4. Memantau Pengobatan & terapi

Minum obat secara rutin , baik itu atas anjuran dokter maupun kebiasaan mengandalkan obat harus dipantau dengan baik. Apakah pengobatan tersebut berhasil, atau sebaliknya, efek pengobatan meinimbulkan dampak bagi organ - organ tubuh yang vital seperti ginjal dan hati.
Hasil Medical Check Up bisa memberikan informasi apakah efektif pengobatan atau tidak.

Itulah antara lain manfaat dari melakukan Medical Check Up secara rutin. Konsultasikan ke dokter anda sebelumnya , untuk bisa melakukan Medical Check Up secara efisien dan efektif.

Agar tubuh tetap terjaga kesehatannya, lakukan Medical Check Up minimal setahun sekali. ( etty )
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HAL - HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MENENTUKAN HARGA PRODUK DROPSHIPPING

Landasan dari setiap bisnis e- COMMERCE yang sukses adalah kemampuan untuk menghasilkan laba, dan produk Anda harus bersumber dari pemi...