LANGKAH AWAL MENJADI DROPSHIPPER : MENEMUKAN DAN MENYARING PRODUK YANG AKAN DIJUAL SECARA ONLINE



Saat secara pasti dunia ekonomi dan perdagangan beralih ke dunia maya, anda pasti mulai tertarik untuk terjun berjualan secara online. Tak dipungkiri lagi, bahkan beberapa perusahaan bisnis retail besar baik yang telah merajai secara global maupun regional, taka da jalan lain selain harus memikirkan secara serius bagaimana mereka harus membangun pasar online.

Selain untuk pelaku bisnis yang sudah berkecimpung puluhan tahun, pasar online juga sangat menarik bagi orang awam yang ingin mulai mendapatkan peluang secara online. Kalangan ini, dan mungkin termasuk anda, saya sebut saja sebagai pebisnis pemula.

Salah satu yang sangat disarankan untuk mulai bisnis online dengan resiko kecil dan hampir tanpa modal adalah menjadi dropshiper. Ada banyak penawaran yang menggiurkan yang menyebut bahwa menjadi dropsipper sama sekali tanpa resiko dan juga tanpa modal..wow..saya tidak percaya karena sudah mengalaminya, tidak ada satupun langkah di dunia ini yang tanpa resiko dan tanpa modal ! Demikian juga jika anda mulai tertarik menjadi dropshipper..setidaknya anda harus mengantisipasi beberapa resiko menjadi dropshipper seperti persaingan harga, supplier tidak konsisten, kendala teknis.Sedangkan modal untuk mulai menjadi dropshipper memang tidak banyak, bahkan bisa jadi adalah barang – barang yang sudah anda miliki seperti handphone, laptop dan jangan lupa, jaringan internet yang stabil.

Selain hal tersebut diatas, seorang dropshipper harus memiliki mental dan modal tekad yang kuat , fokus dan selalu belajar untuk memiliki kemampuan dan bisa menerapkan trik dan kita untuk menemukan produk – produk yang bisa dijual dengan cepat. Nah disini saya akan menuliskan salah satu kiat untuk mengetahui produk apa yang sedang banyak dicari dengan menggunakan Google trends.
MENGENAL SISTEM DROPSHIPPING
Dropshipping adalah sebuah model bisnis ecommerce atau bisnis online , dimana penjual akan hanya mengambil etalase produk, gambar dan iklan dari pihak ketiga dan menjual produk tersebut. Penjual tidak perlu membeli dulu produk dari supplier, membangun Gudang, bahkan memiliki kerjasama dengan perusahaan kurir. Anda , sebagai penjual hanya perlu memasarkan produk yang telah disediakan semua alat promosinya, dan mengirimkan permintaan atau order ke supplier anda, dan biarkan supplier anda mengurus pengiriman barang tersebut. Anda hanya tinggal menerima pembayaran dan pembeli dan membayar terlebih dahulu harga barang dari supplier, jadi keuntungan anda adalah margin atau selisih antara harga jual anda dan harga beli anda.

Mudah bukan ? dan sekali lagi, memiliki resiko kecil serta modal kecil.
Beberapa supplier memiliki aturan dengan mematok harga jual, dan anda sebagai penjual dropshipper mendapat keuntungan berupa diskon khusus, biasanya ini berlaku untuk produk MLM, dan produk yang sedang membangun brand atau merek mereka. Namun juga tidak sedikit supplier yang membebaskan anda menentukan berapa keuntungan yang ingin anda dapatkan sebesar – besarnya.

Sampai disini, anda memerlukan sebuah keahlian untuk menentukan pilihan , mana produk yang akan memberikan keuntungan besar bagi anda.

Ingat, bukan perbedaan nominal yang besar yang memberikan anda keuntungan nyata, tapi
produk yang benar – benar diminati dan terjual ! Jadi, menentukan bagaimana anda mulai memajang produk ada beberapa hal yang harus anda pelajari. Dan berikut ini beberapa hal yang penting anda ketahui untuk menjual produk yang memiliki kemungkinan besar akan laku .



Ide mengenai produk yang akan dijual mungkin sudah mulai muncul didalam otak anda, apa itu ? Bisa sangat banyak ! Carilah dengan mulai memikirkan apa yang berhubungan dengan hobi anda, mobil ? motor ? olahraga ? memasak ? fashion ? Make up ? wow…banyak sekali..bila perlu tuliskan ide itu sebelum menumpuk dikepala anda !

Langkah kedua, anda bisa memastikan semua ide itu dengan mulai browsing ke took online lain, mulai mengamati lebih mendalam , bukan sekedar berkunjung tapi mulai memperhatikan bagaimana sebuah produk dideskripsikan, ulasan, diskusi bahkan informasi berapa produk itu telah terjual. Jangan terlalu serius, anggaplah anda sedang berjalan – jalan windows shopping di mal ! Sam Walton, pendiri Walmart pada tahun 1980 ditangkap ketika terciduk sedang merangkap di sebuah took untuk mengamatinya ! Syukurlah dia tidak jadi dipenjara karena dia menjelaskan bahwa dia hanya bermaksud mengukur ruangan, rak – rak dan mengamati bagaimaa pesaingnya memajang produk mereka ! Pada saat itu, Walmart menghasilkan $ 400 juta + dalam penjualan, tetapi Walton tahu bahwa ada lebih banyak yang dapat ia peroleh jika saja ia bisa menguasai pendekatan yang digunakan pesaingnya untuk menjual produk mereka.

Ini dia rekomendasi saya untuk toko – took online yang menyenangkan untuk dikunjungi dan mulai anda jadikan tempat riset pasar anda :

Toko Penjual terbaik di Amazon
Penawaran dan promosi di Ebay
Produk top di Lazada
Daftar dari Oberlo tentang apa yang harus dijual online

Oya, jika anda belum tahu apa itu Oberlo, Oberlo adalah salah satu situs dropshipping ternama dan terkemuka di seluruh dunia. Jika anda ingin memulai menjadi dropshipper internasional, tidak ada salahnya anda mendaftar di Oberlo, klik aja tautan ini.

Selain itu, jangan lupakan Instagram , Facebook, Pinterest dan media social lain. Saya dulu merasa bersalah karena seringkali menghabiskan waktu dua jam lebih hanya untuk menemukan hal – hal yang menarik di Instagram, seperti membuang waktu saja. Namun semua menjadi sangat menyenangkan sejak saya menjadikan Instagram bukan hanya menjadi tempat saya memiliki banyak teman yang sehobi, tapi juga banyak hal positif bisa saya dapatkan.
Anda tertarik menjadi teman saya ? Follow Instagram pribadi saya @santosoetty ya..tentu saja itu hanya untuk orang yang memiliki hobi dan pemikiran yang sama dengan saya..karena Instagram saya lebih banyak berisi hal – hal yang saya senangi.

Anda lebih suka facebook ? anda juga bisa menemukan saya difacebook disini 

Jadi untuk langkah awal anda, daftar dan kunjungi dengan rutin situs - situs dibawah ini :
Tokopedia
Bukalapak
Oberlo
Shopify
Polyvero
Wanelo
Pinterest
Sukses selalu untuk anda !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HAL - HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MENENTUKAN HARGA PRODUK DROPSHIPPING

Landasan dari setiap bisnis e- COMMERCE yang sukses adalah kemampuan untuk menghasilkan laba, dan produk Anda harus bersumber dari pemi...